Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Dengan Berkebun

Kawan, bagi anda ibu rumah tangga yang sangat gemar dengan kegiatan berkebun, anda bisa menjadikan kegemaran anda menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Salah satu peluang usaha ibu rumah tangga yang satu ini memang tidak banyak diminati orang karena mereka menilai bahwa berkebun merupakan salah satu kegiatan yang nanti hasilnya akan dikonsumsi sendiri. Memang tidak salah pandangan orang seperti itu, tapi tidak salah juga apabila berkebun merupakan kegiatan bisnis yang sangat menyenangkan.

usaha berkebun untuk ibu rumah tanga

Memang pada awalnya mungkin anda berpikir bahwa kegiatan berkebun nanti hasilnya akan dinikmati sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, anda bisa menawarkan hasil kebun anda ke tetangga di sekitar rumah. Dengan harga yang mungkin lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar atau di tukang sayur, tentunya para tetangga akan lebih tertarik untuk berbelanja sayur pada anda, bukan.

Agar terlihat berbeda dengan barang di pasar atau tukang sayur, anda bisa menerapkan sistem berkebun dengan teknik hidroponik. Anda bisa membuat sendiri alat hidroponik tentunya dengan suami anda atau meminta bantuan kepada tukang. Atau anda juga bisa untuk membeli alat hidroponik tersebut. Dengan sistem berkebun hidroponik, tentunya hasil kebun anda akan semakin sehat karena terbebas dari pestisida ya kawan.

Selain sistem hidroponik, anda juga bisa menerapkan sistem kebun organik. Beda halnya dengan hidroponik, sistem kebun organik ini tetap menggunakan media tanah sebagai lahan tanamnya, namun tanpa menggunakan pestisida kimia. Jadi pupuk yang digunakan hanya menggunakan dari bahan alam, misalnya pupuk kandang dan pupuk kompos.

Untuk jenisnya, anda bisa menyesuaikan sesuai keinginan anda. Anda bisa menanam cabe, tomat, sawi, bunga kol, kubis, dan sayuran lainnya. Selain sayur, anda juga bisa menanam buah, namun tentunya hasilnya tidak akan secepat bertanam sayur ya kawan.

Salah satu hal terpenting yang anda butuhkan ketika memulai bisnis berkebun yakni lahan. Lahan untuk menanam sayuran kemungkinan tidak butuh lahan yang terlalu besar apabila anda menggunakan teknik vertical farming. Anda bisa menggunakan bahan-bahan bekas di rumah anda untuk dijadikan sebagai wadah media tanam tersebut. Demikian informasi terkait dengan peluang usaha ibu rumah tangga dengan cara berkebun. Semoga bermanfaat ya kawan.

Jika Anda ingin peluang usaha lainnya untuk ibu rumah tangga, bisa menjual kosmetik, detailnya bisa lihat disini

0 comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *